Wednesday, August 1, 2018

Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental


Terdapat sejumlah penelitian ilmiah mengulas manfaat meditasi yang dipercaya memberi dampak positif untuk kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Meditasi dapat menolong mengurangi stres dan khawatir, serta membuat Anda merasa lebih sehat dan santai.

Meditasi ialah salah satu praktik relaksasi yang dikerjakan dengan sistem melatih, menasehati, dan memusatkan pikiran sehingga menciptakan rasa tenang dan tentram, pikiran yang jernih, serta meningkatkan fokus.

Salah satu teknik meditasi yang banyak dikembangkan saat ini ialah meditasi mindfulness. Mindfulness meditation ialah teknik meditasi yang menekankan pada perhatian dan kesadaran diri penuh. Teknik ini mengajak Anda untuk fokus dan menikmati hal-hal pada diri Anda, seperti denyut jantung dan pernafasan, sensasi udara yang mengalir masuk ke lubang hidung dan dikeluarkan saat menghembuskan nafas.

Lalu, teknik meditasi ini juga akan menasehati Anda untuk membatasi pemikiran, pandangan baru-pandangan baru, atau perasaan secara alami tanpa mengukur atau menghakimi pemikiran hal yang demikian. Teknik mindfulness meditation dapat dikerjakan siapa saja dan kapan saja tanpa memerlukan bimbingan seorang guru atau ahli meditasi.

Manfaat meditasi sangat erat kaitannya dengan kesehatan emosional. Meditasi menolong Anda membangun keterampilan diri untuk mengelola stres dan kecemasan, pun rasa kesepian. Meditasi juga cakap melawan emosional negatif, menyusun pola pikir yang positif dan optimis, serta meningkatkan kreativitas, daya ingat, dan kesadaran diri, serta fokus pada tujuan hidup. Meditasi juga dapat melawan penurunan daya ingat dan demensia yang disebabkan oleh elemen usia.

Meskipun bagi kesehatan fisik, meditasi bermanfaat untuk menolong kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menolong menuntaskan kecanduan, membatasi nafsu makan, dan menurunkan berat badan. Meditasi juga menolong seseorang untuk menuntaskan insomnia. Dengan melaksanakan meditasi, Anda dapat mengurangi persepsi rasa sakit di otak, hal ini bermanfaat untuk mengelola beragam gejala penyakit, seperti asma, depresi, irritable bowel syndrome, sakit kepala tegang, tekanan darah tinggi, sampai penyakit kanker.

Manfaat Meditasi untuk Jasmaniah dan Mental Seseorang

Berikut ini sebagian penjelasan terkait manfaat meditasi untuk kesehatan berdasarkan sejumlah penelitian, ialah:

Mengelola stres dan penyakit yang diakibatkan
Salah satu manfaat meditasi ialah untuk menuntaskan stres dan penyakit. Otak memiliki banyak saraf yang terkoneksi ke seluruh tubuh. Itu sebabnya saat stres sudah memengaruhi otak, maka seluruh tubuh akan menikmati dampaknya juga. Kesibukan fisik seperti berolahraga dan meditasi memiliki peranan penting untuk mengelola stres melewati hormon endorfin yang dijadikan. Hormon endorfin ialah zat kimia di otak yang berperilaku sebagai penghilang rasa sakit alami, membuat tidur lebih lelap, yang kemudian dapat menolong mengurangi stres.
Saat stres, kadar kortisol dalam darah meningkat. Hormon kortisol ialah hormon yang muncul sebagai tanggapan tubuh saat mengalami tekanan, bagus secara fisik maupun mental. Hasil penelitian menampakkan, teknik meditasi mindfulness yang dikerjakan dengan benar dapat menurunkan kadar kortisol dalam darah. Akan tapi, efek meditasi pada kualitas hidup dan berkurangnya stres secara awam masih belum menampakkan hasil yang konsisten dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Menyelesaikan gangguan kecemasan dan depresi
Rutin melaksanakan meditasi disebut dapat menolong menuntaskan keadaan sulit pada kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan, fobia, serta gangguan obsesif kompulsif (OCD). Berdasarkan hasil penelitian, teknik meditasi mindfullness dapat mengurangi rasa khawatir dan gundah yang berlebihan. Pencitraan otak yang dikerjakan menampakkan bahwa meditasi erat kaitannya dengan berkurangnya rasa khawatir, karena peningkatan aktivitas di komponen otak yang memiliki peranan penting sebagai pengatur pemikiran dan emosional, serta membatasi rasa khawatir.
Bahan kimia penyebab radang yang disebut sitokin, yang dilepaskan sebagai tanggapan kepada stres, dapat memengaruhi suasana hati, yang kesudahannya menyebabkan depresi. Kajian sebagian penelitian menampakkan bahwa meditasi dapat mengurangi sitokin, sehingga diduga dapat berdampak bagus pada depresi.

Menghasilkan emosional yang positif dan optimis
Meditasi juga diduga efektif dalam mengaktifkan aktivitas di otak yang berperan dalam pelaksanaan belajar, fokus, daya ingat, dan kesadaran. Oleh karena itu, meditasi dipercaya cakap menciptakan emosional positif berupa kebahagiaan.
Hasil penelitian lain menampakkan adanya peningkatan aktivitas listrik di zona otak yang cenderung lebih aktif pada orang-orang yang optimis, setelah melaksanakan meditasi selama 8 minggu.

Menstabilkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung
Tekanan darah tinggi membuat jantung berprofesi lebih keras untuk memompa darah, yang dapat menyebabkan fungsi jantung memburuk. Tekanan darah tinggi juga berkontribusi kepada aterosklerosis atau penyempitan arteri, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Berkaitan hal itu, meditasi bermanfaat untuk menolong mengatasinya. Hasil penelitian menampakkan, meditasi yang dikerjakan secara teratur dapat menurunkan dan menstabilkan tekanan darah. Sampai ini dapat mengurangi ketegangan pada jantung dan arteri, serta menolong mencegah penyakit jantung.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Meditasi dipercaya dapat menolong menangkal penyakit dan infeksi. Hasil penelitian kepada sekelompok orang yang rutin bermeditasi dan tak bermeditasi menampakkan, adanya peningkatan antibodi yang lebih tinggi pada kategori orang yang rutin bermeditasi dari pada yang tak bermeditasi.
Mengurangi nyeri
Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri, salah satunya ialah kanker. Nyeri pada kanker dapat muncul karena pertumbuhan sel-sel kanker, efek samping pengobatan kanker (kemoterapi), sampai tingginya stres yang dialami tubuh. Penelitian menampakkan bahwa sistem meditasi mindfulness dapat menolong meringankan nyeri pada penderita penyakit kanker.

Namun sekarang, riset dan penelitian terkait manfaat meditasi masih terus dikembangkan. Sebab ada pula efek meditasi lain yang tampak, ialah pikiran jernih dan suasana hati yang terkendali. Sampai ini dapat menolong Anda untuk menjaga kekerabatan yang sehat, mulai dari kekerabatan dengan pasangan, kekerabatan persahabatan, dan keluarga. Meditasi juga kemungkinan dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan, termasuk kualitas kehidupan seksual Anda.

Untuk menerima manfaat meditasi secara maksimal, pastikan meditasi dikerjakan secara rutin dan dengan sistem yang benar.  meditasi biasanya melibatkan duduk dengan tenang untuk bentang waktu tertentu dan bernafas dalam-dalam, maka siapa pun yang tak dapat duduk dengan nyaman atau yang memiliki keadaan sulit pernafasan, mungkin mengalami kesulitan untuk berlatih meditasi.

Meditasi biasanya tak memiliki efek samping negatif sekalipun dikombinasikan dengan perawatan medis, tapi terapi ragam ini kurang pas untuk kondisi medis akut yang mengancam nyawa, atau keadaan sulit kesehatan mental seperti skizofrenia. Orang dengan kondisi medis tertentu disarankan untuk konsisten berkonsultasi ke dokter jika ingin melaksanakan terapi meditasi dan menerima manfaat meditasi sepenuhnya.

No comments:

Post a Comment

Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental

Terdapat sejumlah penelitian ilmiah mengulas manfaat meditasi yang dipercaya memberi dampak positif untuk kesehatan mental dan fisik sec...